3 Alasan Pentingnya Integrasi dalam Berbisnis Agar Sukses

By | January 21, 2020
3-Alasan-Pentingnya-Integrasi-dalam-Berbisnis-Agar-Sukses

Pengetahuan terkait pentingnya sebuah integritas dalam berbisnis kini telah menjadi hal umum untuk diketahui. Bahkan integritas menjadi salah satu indikator kesuksesan seseorang atau perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Pengertian integrasi adalah cara menjunjung tinggi etika dan nilai-nilai dalam berbisnis. Dengan kata lain, integritas dalam berbisnis itu penting. Mengapa? Karena mampu menumbuhkan profesionalitas, rasa tanggung jawab, sikap saling menghargai dan sebagainya.

Integrasi ini akan membentuk suatu konsep yang berkaitan dengan konsistensi, segala tindakan, metode, nilai, dan prinsip seseorang dalam menjalani hidup. Bahkan pada sebuah perusahaan, integrasi menjadi salah satu nilai penting penilaian terhadap Anda agar diterima bekerja. Tidak berlebihan, karena jika berintegrasi, Anda akan menjadi pribadi yang jujur dan berkarakter kuat.

Mengapa Integritas dalam Bisnis itu Penting?

Sukses dalam berbisnis tidak dapat dicapai dengan cara instan. Perlu adanya sikap mau terus belajar dan berusaha keras. Anda tidak cukup sekadar mengatahui pengertian integrasi saja tanpa mau mempraktekkannya dalam kehidupan. Berikut ini adalah ulasan mengapa integritas menentukan kesuksesan bisnis Anda.

1. Berpengaruh terhadap Hasil Akhir

Integritas dapat mempengaruhi hasil dari bisnis yang sedang Anda jalankan. Tidak mengherankan, karena pelaku bisnis yang menjunjung tinggi integrasi akan konsisten dalam menjalankan tugasnya. Konsisten dalam berbisnis tentu akan membawa bisnis Anda ke jalan kesuksesan. Sebaliknya, jika Anda tidak memiliki integrasi berbisnis, hasil yang akan didapatkan pun kurang maksimal.

2. Berpengaruh terhadap Reputasi

Selain faktor “bisnis apa yang dijalankan”, kesuksesan sebagai pengusaha juga ditentukan oleh “siapa yang menjalankan”. Usaha pelaku bisnis guna menghasilkan produk yang berkualitas tentu akan membawa pengaruh baik untuk usahanya.

Selain itu, pelayanan yang maksimal terhadap konsumen akan membuat bisnis Anda berumur panjang. Semua itu didapatkan oleh pelaku bisnis yang memiliki integrasi. Pelaku bisnis seperti ini dapat mempertahankan bisnisnya meskipun berada di tengah persaingan yang ketat.

3. Membuat Suasana Kondusif

Jika menjunjung tinggi integrasi, Anda tidak akan mendapatkan hasil dan reputasi yang bagus. Tetapi juga mampu menciptakan suasana yang kondusif sehingga memunculkan perasaan nyaman bagi semua pihak terkait dalam bisnis.

Rasa nyaman tentu sangat berpengaruh bagi seseorang dalam berpikir kreatif terhadap ide-ide yang perlu dieksekusi secara tepat. Perlu Anda ketahui bahwa kesuksesan dipengaruhi oleh pembawaan seseorang dalam menjalankan atau mengelola bisnisnya.

Risiko atau tantangan dalam berbisnis tentu harus dihadapi secara cermat dan penuh pertimbangan. Hal tersebut membutuhkan sebuah integritas sehingga membuat seseorang terdorong untuk memiliki sikap ini. Dengan demikian, diharapkan bisnis yang sedang Anda jalankan dapat berjalan sukses. Pebisnis yang berintegrasi tentu dapat melakukan pemasaran secara tepat dengan mengembangkan kreativitas dan inovasi.

Tidak sekadar untuk pemula, integrasi juga perlu ditanamkan sejak dini kepada seseorang yang sedang atau telah menjalankan bisnis. Integrasi seyogyanya dijadikan sebagai prinsip dasar oleh para pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya. Ingat, dalam berbisnis, Anda akan memiliki banyak pesaing yang tentu saja luar biasa. Mengapa demikian? Karena di Indonesia terdapat banyak pebisnis yang menjalankan usaha dibidang yang sama.

Itulah tiga ulasan tentang pentingnya Anda memiliki integrasi demi keberlangsungan bisnis atau usaha yang akan dimulai atau sedang berlangsung. Persaingan yang ketat tidak dapat Anda hindari, kecuali dihadapi dengan segala upaya dan tentu saja secara sehat. Itulah mengapa Anda perlu menghayati dan mempraktekkan, tidak sekadar mengetahui pengertian integrasi saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *