5 Macam Motif Karpet untuk Ruang Tamu Kecil

By | July 1, 2020
5-Macam-Motif-Karpet-untuk-Ruang-Tamu-Kecil

Ada beberapa tips agar rumah kecil dan minimalis Anda terlihat besar dan luas. Salah satunya adalah mengenai pemilihan karpet. Ada baiknya karpet untuk ruang tamu kecil harus Anda pilihkan yang bermotif. Namun, perhatikan motif agar sesuai dengan keinginan Anda. Berikut ini ada beberapa pilihan motif yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Motif Retro

Meskipun terlihat begitu sederhana yaitu warna dengan bentuk kotak, pilihan motif retro bisa jadi pertimbangan. Pilihlah warna dengan warna-warna pastel. Misalnya krem, abu-abu muda, hijau muda, biru muda, cokelat muda ataupun oranye yang terlihat muda dan segar. Selain itu, Anda juga bisa memilih gambar yang tidak terlalu rekat sehingga gambar bisa terlihat jelas dan ruangan terlihat luas.

2. Motif Indigo

Berikutnya adalah motif indigo. Tapi, Anda harus benar-benar memilih warna yang berani tampil berbeda daripada sebelumnya yaitu dalam hal pemilihan campuran warna. Pilihlah campuran warna antara putih dengan warna-warna cerah. Bisa juga Anda memilih warna putih dengan warna-warna pastel. Campuran warna ini akan menghasilkan gradasi yang membuat mata menjadi lebih segar.

3. Motif Mozaik Monokrom

Pada dasarnya motif ini terdiri dari garis lurus yang dibentuk menyerupai objek dan saling terhubung. Seperti bentuk gelombang maupun segi 6 yang terlihat besar. Pilihlah warna yang senada. Misalnya putih, pastel, abu-abu, cokelat muda, krem, merah ataupun warna yang menenangkan lainnya. Jangan memilih warna yang terlalu ramai. Pastikan hanya ada 1 atau 2 warna saja.

4. Motif Aztec Besar

Motif jenis ini termasuk salah satu motif terfavorit. Anda harus memilih gambar yang terlihat besar agar ruang tamu kecil Anda bisa terlihat luas. Tidak hanya itu, pilihlah gambar yang tidak terlalu banyak. Namun pilihlah 1 gambar utama yang letaknya menyebar. Selain itu, jangan memilih banyak paduan warna. Tapi pilihlah warna yang senada dengan gambar atau motifnya dan sesuaikan warna background karpet.

5. Motif Chevron

Motif ini biasanya didominasi dengan bentuk gelombang yang menggunakan banyak warna dan terlihat begitu rapat. Oleh karena itu, Anda harus bisa mencari warna lain yang tidak biasanya. Misalnya warna terang dan dominasi pastel. Selain itu, pastikan juga bentuk gelombang tidak terlalu rapat dan terlihat besar.

Apabila Anda ingin beli karpet untuk ruang tamu kecil, cobalah untuk memilih motif atau pola besar. Hal ini bisa digunakan untuk menciptakan kesan luas terutama pada ruang tamu. Jangan memilih yang sebaliknya yaitu karpet dengan motif kecil dan terlalu detail. Motif kecil dan terlalu detail biasanya justru membuat ruangan terasa lebih penuh dan sempit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *