7 Langkah Menghilangkan Bau Ketiak

By | September 8, 2019

Badan mempunyai kelenjar keringat yang disebutkan kelenjar apokrin di kulit ketiak, dada, serta ruang kelamin. Pada saat-saat pubertas, kelenjar ini bisa menjadi lebih aktif hingga produksi keringat bertambah.

Kaum pria memang mempunyai cenderung tambah tinggi alami berbau ketiak kronis yang diketahui dengan arti bromhidrosis, tetapi keadaan ini dapat juga berlangsung pada wanita. Beberapa peluang sebabnya ialah kebersihan badan yang kurang terbangun, obesitas, diabetes, serta permasalahan kulit.

Berbau ketiak bisa kurangi rasa yakin diri satu orang, serta seringkali mengganggu jalinan sosialnya. Tetapi jangan cemas, ada cara-cara untuk hilangkan berbau ketiak. Pola hidup serta perawatan yang pas bisa membuat kamu terlepas dari berbau tubuh tidak enak.

Langkah Kurangi Berbau Ketiak

Untuk kurangi atau menangani berbau ketiak yang mengganggu, di bawah ini ialah langkah-langkah yang dapat kamu kerjakan:

1. Memakai deodoran

Deodoran atau antiperspirant memiliki kandungan aluminium yang berperan tutup pori-pori kulit untuk sesaat. Saat menggunakan deodoran, keringat sebetulnya masih dibuat, tetapi banyaknya menyusut. Makin berkurang keringat yang ada ke permukaan kulit, makin berkurang juga berbau yang dibuat.

2. Jaga kebersihan badan

Kebersihan badan yang tidak terbangun bisa membuat kuman tumbuh subur di kulit ketiak. Mandi tiap hari dengan teratur bisa menolong menghalangi perkembangan bakteri di kulit. Janganlah lupa untuk selekasnya mandi sesudah olahraga atau berkeringat.

3. Mencukur bulu ketiak

Satu studi temukan jika mencukur bulu ketiak, diikuti membersihkan ketiak dengan sabun serta air bersih, bisa kurangi berbau ketiak dengan relevan. Ini berlangsung sebab ketiak yang telah dicukur atau dicabut bulunya lebih gampang dibikin bersih.

4. Memakai baju yang nyaman

Untuk kurangi keringat berlebihan, sedapat mungkin jauhi ada dalam tempat yang panas serta pengap. Pakailah baju yang longgar berbahan yang nyaman seperti katun serta linen, supaya keringat bisa gampang terserap.

Ubahlah baju yang kotor dengan baju bersih tiap hari, khususnya bila telah terserang keringat. Menggunakan kaos dalam dapat menolong supaya berbau tubuh tidak melekat pada baju.

5. Batasi makanan yang mengakibatkan berbau serta keringat berlebihan

Beberapa macam makanan serta mimuman bisa membuat aroma keringat jadi tidak enak, contohnya bawang putih, bawang bombay, brokoli, kubis, bok choy, asparagus, daging merah, serta alkohol.

Jauhi juga minuman berkafein serta makanan pedas yang bisa membuat kamu semakin banyak berkeringat. Janganlah lupa minum air putih yang cukup untuk menolong badan buang beberapa zat yang mungkin bisa menyebabkan timbulnya berbau ketiak.

6. Jauhi keadaan yang menyebabkan hot flashes

Hot flashes ialah sensasi hangat mendadak di muka, leher, serta dada. Keadaan yang menyebabkan munculnya keringat ini umumnya berlangsung pada wanita yang mencapai waktu menopause. Hot flashes dapat ada waktu depresi atau sesudah konsumsi makanan yang kurang sehat.

7. Kontrol diri ke dokter

Beberapa penyakit bisa mengakibatkan badan berkeringat terlalu berlebih, contohnya diabetes, penyakit jantung, masalah kekhawatiran, limfoma, hiperhidrosis, hipertiroidisme, serta penyakit Parkinson. Dianjurkan untuk memperiksakan-diri ke dokter supaya bisa tahu pemicu keringat berlebihan dengan tentu.

Berbau ketiak yang tidak enak benar-benar terkait dengan minimnya terjaganya kebersihan diri dan pola hidup yang tidak sehat. Bila berbau ketiak masih saja mengganggu walau telah lakukan cara-cara di atas, jangan sungkan untuk konsultasi pada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *