Cara Efektif Melindungi Diri dari Coronavirus Ketika Bepergian Keluar Rumah

By | April 16, 2020
Cara-Efektif-Melindungi-Diri-dari-Coronavirus-Ketika-Bepergian-Keluar-Rumah

Sejak penyebaran virus corona atau coronavirus di Indonesia yang semakin meluas, masyarakat sudah dihimbau oleh pemerintah untuk melakukan upaya pencegahan sejak dini. Berada di rumah saja menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan dalam mencegah penyebaran virus corona. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa berdiam diri di rumah saja, lantaran memiliki aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan atau dikerjakan dari rumah, seperti ojek online, pekerja pabrik, pedagang, dll.

Saat bepergian, resiko terkena paparan virus corona terbilang jauh lebih besar. Terlebih jika Anda bepergian ke tempat yang ramai, dimana kita tidak tahu siapa saja orang yang membawa virus berbahaya ini. Jika Anda terpaksa harus bepergian untuk keperluan penting, seperti kewajiban bekerja, berbelanja kebutuhan pangan, dll, maka sebaiknya melakukan perlindungan diri agar terhindar dari resiko terkena virus corona.

Ada beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan agar lebih aman ketika bepergian di tengah kondisi pandemi corona virus saat ini, antara lain:

1. Menggunakan masker.

Saat bepergian ke tempat ramai atau banyak orang, sebaiknya pergunakan masker untuk lebih amannya. Jika biasanya masker digunakan pada mereka yang sakit untuk mencegah penularan penyakit, maka pada kondisi pandemi virus corona saat ini pastikan Anda selalu menggunakannya ketika bepergian. Dalam menggunakan masker harus dilakukan dengan cara yang tepat, yaitu:

  • Bersihkan tangan terlebih dahulu menggunakan air bersih mengalir san sabun atau dengan handsanitizer.
  • Pergunakan masker dengan benar, yaitu menutup dengan sempurna bagian mulut dan hidung.
  • Hindari menyentuh masker ketika digunakan.
  • Jika masker sudah tidak diperlukan lagi, segera buang dan ganti dengan yang baru jika membutuhkan lagi.
  • Perhatikan cara melepas masker yang benar, yaitu dengan menarik tali pengikat di belakang terlebih dahulu, baru kemudian buang ke tempat sampah.
  • Cuci tangan setelah selesai membuang masker yang sudah tidak diperlukan tadi.

2. Menggunakan handsanitizer.

Untuk mencegah penularan virus corona, sangat dianjurkan untuk sering-sering mencuci tangan, terlebih jika setelah selesai menyentuh benda atau berbagai peralatan tertentu. Jika sulit menemukan air mengalir dan sabun, sebaiknya selalu bawa handsanitzer agar bisa digunakan untuk membersihkan tangan dari virus yang bisa saja menempel.

3. Jangan lupa membawa tissue.

Selalu sedia tissue juga tidak kalah penting perlu dilakukan ketika bepergian. Tissue bisa digunakan untuk membersihkan permukaan tempat yang ingin digunakan duduk atau bersender. Selain itu, adanya tissue juga berguna ketika harus memegang sesuatu yang dirasa belum steril kebersihannya, seperti gagang pintu, meja, dll.

4. Meminimalisir penggunaan uang kertas.

Penggunaan uang tunai untuk bertransaksi juga turut meningkatkan resiko terkena penularan virus corona. Terutama untuk uang kembalian dari penjual maupun uang dari pembeli ke penjual tentu ada kemungkinan sudah terkena paparan virus corona.

5. Jangan lupa untuk mencuci tangan.

Cara terbaik lainnya yang bisa dilakukan untuk mencegah dari penyebaran virus corona adalah dengan sering-sering cuci tangan. Pastikan mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun. Gosok seluruh permukaan tangan secara merata, mulai dari punggung tangan, diantara sela-sela jari, hingga di bagian bawah kuku. Setelahnya keringkan tang menggunakan kain bersih kering atau tissue.

6. Menerapkan social distancing.

Cara yang satu ini menjadi salah satu anjuran pemerintah yang dinilai efektif untuk mencegah penularan coronavirus. Social distancing dapat dilakukan dengan cara menjaga jarak antara satu orang dengan orang lainnya sejauh 1 meter. Hal ini bertujuan agar terhindar dari kemungkinan terkena paparan dari seseorang yang batuk atau batuk dan bisa saja sedang mengidap COVID-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *