Cara memilih sabun khusus untuk kulit alergi

By | October 28, 2019

Sabun spesial yang disebut ialah sabun yang bebas alergi serta aman untuk kulit Anda. Temukan sabun mandi yang pas untuk kulit Anda, memang tidak gampang.

Tetapi, Anda tak perlu cemas, turuti beberapa tips-nya di bawah ini:

1. Tahu zat pemicu alergi

Anda dapat alergi dengan beberapa jenis produk. Nah, untuk tahu produk mana yang mengakibatkan alergi, Anda butuh memperhatikan kegiatan serta produk Anda yang pakai sebelum tanda-tanda alergi ada.

Contohnya, tangan Anda berasa gatal sesudah membersihkan. Kemungkinan, Anda alergi dengan zat tersendiri pada detergen yang barusan Anda pakai.

Untuk tahu lebih jelas, Anda butuh konsultasi ke dokter. Dengan demikian, semakin lebih gampang cari sabun yang pas untuk kulit Anda yang alergi.

Tidak kebanyakan orang yang alergi mempunyai alergen yang sama. Tetapi, ada banyak daftar zat yang seringkali menyebabkan timbulnya tanda-tanda dermatitis kontak, misalnya:

Asam (Acid)

Beberapa type asam, seperti asam salisilat, asam beta-hidroksida (BHA), asam alfa-hidroksida (AHA), asam glikolat, serta retinoid masuk dalam daftar zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Umumnya type asam ini ada di sabun atau pembersih yang memutihkan kulit serta menyembuhkan jerawat.

Asam itu direncanakan untuk menolong terkelupas beberapa sel kulit mati serta merangsang produksi kolagen. Sayangnya, bahan aktif itu kerja begitu keras pada kulit Anda hingga dapat menyebabkan reaksi alergi.

Jika Anda mempunyai alergi dengan salah satunya type asam itu, semestinya jauhi sabun atau pembersih yang memiliki kandungan beberapa zat barusan agar alergi kulit tidak kumat.

Emolien

Tidak hanya asam, emolien yang seringkali diketemukan pada sabun atau pelembap dapat juga menyebabkan reaksi alergi. Emolien sebetulnya direncanakan untuk melembapkan serta membuat kulit berasa lebih kenyal.

Tetapi, zat itu bisa menyebabkan peradangan buat orang yang alergi serta berjerawat. Anda butuh waspada beberapa macam emolien, seperti lanolin, myristyl lactate, isopropyl palmitate, atau isostearyl isosterate.

2. Pilih sabun yang memiliki loabel hypoallergenic

Tahap selanjutnya untuk pilih sabun untuk kulit alergi, yakni cari produk memiliki loabel hypoallergenic. Kata hypoallergenic mengisyaratkan jika produk itu mungkin mempunyai kekuatan lebih rendah dalam mengakibatkan reaksi alergi. Ini umumnya lebih aman buat orang dengan kulit peka.

3. Jauhi sabun yang ditambah lagi pewangi

Menurut American Academy of Family Physician, tidak hanya hypoallergenic, orang dengan alergi kulit butuh menghindarkan sabun yang memiliki kandungan pewangi (minyak wangi) serta pewarna.

Walau harumnya benar-benar menganakemaskan hidung Anda, pewangi berbentuk iritan yang dapat menyebabkan timbulnya tanda-tanda alergi pada kulit.

4. Baca kandungan sabun dengan jeli

Langkah paling akhir sebelum menjatuhkan pilihan sabun untuk kulit alergi ialah cari tahu kandungan sabun. Ya, Anda dapat memandangnya langsung dari paket atau berseluncur lewat internet tentang produk lebih dalam.

Jika Anda mempunyai alergi dengan bahan alami, seperti lavender atau marigold, Anda butuh tahu nama latin dari tanaman itu. Bisa, perusahaan memberikan nama lain dari tanaman itu.

Misalnya, kandungan minyak lavender kemungkinan dicatat dengan Lavandula angustifolia, Lavandula dentata, atau Lavandula latifolia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *