Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati Penyakit Kawasaki 

By | May 27, 2020
Gejala-Penyebab-dan-Cara-Mengobati-Penyakit-Kawasaki 

Pernahkah Anda mendengar istilah penyakit kawasaki. Ini adalah salah satu jenis penyakit yang sering menyerang anak dengan usia 5 tahun. Jenis penyakit ini merupakan penyakit yang langka dan jarang terjadi.

Apa Itu Penyakit Kawasaki?

Penyakit kawasaki adalah sebuah penyakit peradangan yang bisa menyebabkan komplikasi panjang pada jantung. Pada awalnya, penyakit ini akan menyerang kulit, mulut dan kelenjar getah bening seseorang. Anak yang menderita penyakit ini akan mengalami demam selama 3 harus dan muncul ruam kulit merah di hampir seluruh tubuhnya.

Gejala Penyakit Kawasaki

Jika dilihat berdasarkan gejalanya, gejala penyakit ini akan muncul dalam tiga tahap yang berlangsung selama 1,5 bulan.

Tahap Pertama

Tahap ini akan terjadi di awal minggu pertama hingga minggu kedua. Adapun gejalanya seperti demam selama 3 hari, ruam kemerahan muncul di seluruh tubuh, bibir dan lidah kering, pecah-pecah dan kemerahan, telapak tangan dan kaki memerah dan membengkak, mata memerah tanpa keluar cairan, muncul benjolan di leher karena kelenjar getah bening membengkak.

Tahap Kedua

Tahap ini akan berlangsung dari minggu kedua hingga keempat dengan gejala seperti diare, sakit perut, muntah, sakit kepala, mudah lelah, nyeri sendiri, kulit tangan dan kaki mengelupas, bagian putih mata menguning dan ada nanah di dalam urine.

Tahap Ketiga

Tahap ini berlangsung selama minggu ke 4 hingga ke enam. Tahapan ini ditandai dengan meredanya gejala. Namun tubuh masih lelah dan bisa kembali normal setelah 8 minggu.

Penyebab Penyakit kawasaki

Hingga saat ini penyebab munculnya penyakit ini belum bisa diketahui. Pada awalnya penyakit ini mirip dengan penyakit infeksi namun belum bisa dibuktikan hingga saat ini. Jenis penyakit ini juga bukan termasuk penyakit menular.

Cara Mengobati

Ketika muncul gejala yang sudah disebutkan di atas, pasien yang mengalami penyakit ini harus segera diperiksa untuk mendapatkan pengobatan. Apalagi jika masih dalam tahapan demam karena hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada jantung.

Mengingat ini adalah penyakit yang langka dan dampaknya berpengaruh pada jantung. Oleh sebab itu, pentingnya mengetahui gejala penyakit kawasaki sangat penting. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *