Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat dari SehatQ.com

By | July 18, 2020
Makanan-yang-Dianjurkan-untuk-Penderita-Asam-Urat-dari-SehatQ.com

Asam urat merupakan kondisi pembentukan kristal pada sendi akibat kadar asam urat dalam tubuh yang cukup tinggi. Kondisi asam urat bisa muncul secara mendadak sehingga rasa nyeri dan pembengkakan bisa mengganggu aktivitas harian penderita. Selain konsumsi obat penurun asam urat dari dokter terpercaya di www.sehatq.com, Anda juga harus tahu cara menjaga kadar asam urat dalam tubuh lewat konsumsi makanan tepat setiap hari.

Makanan untuk Penderita Asam Urat

Anda wajib memasukkan rekomendasi beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi penderita asam urat setiap hari berikut:

1. Wortel dan ubi

Anda bisa mengkonsumsi jus wortel atau ubi rebus yang mengandung purin lebih rendah. Purin sendiri merupakan zat yang akan dicerna menjadi kadar asam urat dalam darah Anda. Dengan pemilihan jenis makanan yang mengandung purin sedikit, Anda bisa menekan risiko alami kadar asam urat melebihi normal.

2. Terung dan tomat

Tak hanya wortel atau ubi yang bisa Anda konsumsi setiap hari, terung dan tomat masuk kategori sayuran yang rendah purin. Anda bisa menikmati sajian menu makanan yang terbuat dari kedua bahan ini. Dijamin kadar asam urat dalam tubuh Anda tetap dalam batas normal yang tidak akan menyebabkan masalah persendian.

3. Sayuran kaya vitamin C

Vitamin C dipercaya bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh penderita. Sebaiknya mulai pertimbangkan konsumsi buah atau sayuran yang bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Brokoli dan kentang dikenal sebagai sayuran yang kaya vitamin C dan rendah purin.

4. Kacang-kacangan

Sebagian besar penderita asam urat salah kaprah terkait mitos konsumsi kacang-kacangan yang bisa sebabkan kadar asam urat tinggi. Jika Anda ragu untuk mengkonsumsi kacang-kacangan, sebaiknya bertanya atau mencari informasi yang lengkap lewat direktori tag. Anda harus tahu bahwa kacang-kacangan bisa menjadi sumber protein nabati yang baik untuk penderita asam urat, lho!

5. Bayam dan jamur

Meski dikenal sebagai sayuran yang kaya purin, namun purin bayam terbukti aman dan baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan bahan makanan jamur yang kaya serat dan rendah kalori.

Rekomendasi makanan yang dianjurkan untuk penderita asam urat bisa Anda coba masukkan dalam menu harian. Tak hanya banyak mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan kadar asam urat, Anda juga harus paham tentang jenis makanan yang perlu pembatasan. Jenis makanan yang bisa meningkatkan kadar asam urat antara lain daging merah, daging jeroan, hewan laut, roti, oatmeal, makanan yang mengandung fruktosa tinggi serta minuman beralkohol.

Jangan lupa untuk mempraktikkan tips kesehatan yang bisa menjaga tubuh Anda tetap sehat dan berstamina. Lakukan olahraga rutin serta minum air putih yang cukup bisa meningkatkan kebugaran tubuh Anda. Tubuh yang sehat tentu lebih aman dari risiko penyakit yang membahayakan. Menjalankan pengobatan yang rutin bisa membantu menjaga kadar asam urat dalam tubuh Anda tidak naik drastis.

Selama masa pandemi, Anda mungkin tidak bisa membeli obat penurun kadar asam urat di luar rumah. Kebijakan pembatasan berjarak membuat Anda harus diam diri di rumah. Apabila rasa sakit dan nyeri sendi sudah tidak tertahankan, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter di www.sehatQ.com secara gratis. Jangan lupa untuk memesan obat penurun kadar asam urat di toko sehatQ, ya! Anda hanya perlu melakukan pemesanan secara online dan biarkan kurir mengantar paket obat ke rumah Anda. Lebih aman dan praktis, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *